Masih Awam Berbisnis di Dunia E-commerce? Berikut Hal yang Harus Diperhatikan
E-commerce Update
Kamu pasti tidak asing dengan istilah e-commerce. Apalagi e-commerce sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Apa itu e-commerce?
E-commerce merupakan kegiatan jual beli atau transaksi secara online dengan media elektronik seperti laptop dan juga smartphone. Kegiatan e-commerce biasanya dapat dilakukan melalui mitra marketplace seperti Rocketmall. Sebuah website e-commerce builder yang dikembangkan oleh PT. Suitmedia Kreasi Indonesia, full-service digital agency Indonesia dengan fokus membantu brand bertransformasi digital melalui strategi, pengembangan produk, dan komunikasi kreatif. Layanan dalam e-commerce menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh konsumen layaknya toko biasa dalam dunia nyata. Mulai dari barang elektronik, fashion, make up, dan masih banyak lagi.
Kemunculan e-commerce di Indonesia sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan bisnis. Tidak hanya konsumen, tetapi keuntungan juga dirasakan oleh para penjual atau pengusaha. Akibatnya, para pengusaha mulai beralih menggunakan e-commerce dalam kegiatan bisnisnya. Mengedepankan sistem software as a service (SaaS), kehadiran RocketMall dapat menjadi mitra terpercaya untuk membantu pengusaha berbisnis online.
Lalu, apa yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis di dunia e-commerce? Berikut penjelasannya.
1. Ulasan konsumen
Membangun kepercayaan konsumen menjadi hal penting ketika melakukan kegiatan transaksi dalam dunia e-commerce, salah satunya dengan ulasan konsumen. Dalam e-commerce, pemajangan produk dilakukan dengan foto dan deskripsi informasi produk pada website e-commerce. Oleh karenanya, ulasan konsumen lain akan membantu calon konsumen baru dalam menilai kualitas suatu produk .
2. Kelengkapan deskripsi informasi produk
Sebelum membeli sebuah produk, konsumen akan mencari informasi lengkap tentang produk tersebut. Supaya memudahkan konsumen, maka penting untuk melengkapi deskripsi informasi produk. Mulai dari kegunaan, komposisi, expired, cara pengiriman, dan cara pembayarannya. Sebab, kelengkapan informasi produk juga mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli produk tersebut.
3. Pelayanan yang responsif
Dalam dunia e-commerce, pelayanan yang responsif sangat dibutuhkan. Konsumen akan selalu membutuhkan interaksi langsung dengan penjual, baik melalui fitur chat atau fitur lainnya yang tersedia. Tidak hanya untuk menanyakan produk, tetapi konsumen juga akan membutuhkan interaksi dengan penjual ketika terjadi kendala dalam transaksi. Pelayanan responsif dapat berupa membalas chat dari konsumen dengan cepat, memandu konsumen dengan sabar, hingga rajin memperbarui persediaan produk. Sehingga pelayanan responsif dari penjual akan membuat senang dan juga membantu konsumen.
4. Promosi atau penawaran diskon
Kelebihan dari adanya e-commerce adalah penawaran menarik yang diberikan. Seperti gratis biaya pengiriman, diskon, atau promosi menarik lainnya. Promosi penting dilakukan terutama ketika memulai bisnis di e-commerce untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, promosi juga penting dilakukan untuk memperkenalkan produk dalam jangkauan konsumen yang lebih luas. Banyak dari konsumen memilih untuk melakukan transaksi di e-commerce karena promosi dan diskon yang lebih banyak ditawarkan daripada toko biasa. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga besar biaya yang dikeluarkan untuk memberikan penawaran promosi supaya tidak mengalami kerugian.
Nah, itulah informasi penting yang perlu kamu tahu ketika memulai bisnis di dunia e-commerce. Bisa saja e-commerce menjadi pilihan tepat bagimu untuk mencoba peruntungan dalam dunia bisnis. Semoga berhasil, ya!