Pentingnya Digital Branding untuk Pengembangan UMKM
Business insight
Seiring dengan perkembangan teknologi, persaingan bisnis di berbagai bidang semakin meningkat. Kebutuhan konsumen semakin beragam dan hal ini membuat pelaku usaha ikut mengalihkan produknya masuk dunia digital. Maka dari itu, PT. Suitmedia Kreasi Indonesia ingin membantu brand dengan menghadirkan RocketMall, one stop service website yang menjadi solusi tepat bisnis bagi pengusaha dengan berbagai produk unggulan di dalamnya. Hadirnya RocketMall dapat membantu UMKM yang saat ini menjamur untuk melakukan digital branding untuk mempromosikan produknya.
Lantas, apa itu digital branding? Digital Branding adalah cara atau upaya untuk membangun wajah atau nama dari sebuah brand secara digital. Hal ini bisa dilakukan di berbagai platform seperti aplikasi, website, maupun sosial media terutama dalam bisnis online. Lalu, mengapa hal ini penting dimiliki oleh UMKM? Berikut penjelasannya.
- Membangun persepsi brand di mata konsumen
Tanpa disadari, brand menjadi aset tak kasat mata yang membawa keuntungan bagi pelaku UMKM. Ketika digital branding dilakukan maka konsumen bukan lagi hanya mengetahui nama atau logo, tetapi juga ketika mereka saling berbagi pengalaman mengenai brand tersebut dalam bentuk ulasan atau testimoni di website dan sosial media yang membuat konsumen memiliki persepsi baik tentang brand terutama dalam bisnis online. - Dapat menyebarkan pemasaran
Di saat yang bersamaan, pengguna sosial media meningkat dan teknologi menjamah ranah bisnis. Digital branding memberi keuntungan dengan cara menyebarkan pemasaran dari fitur ads. Bisnis online membuat pemasaran suatu produk tidak terbatas hanya di supermarket atau kios tapi juga melalui banyak platform dan marketplace website. Hal ini memberi kemudahan dengan adanya jaringan yang lebih luas dan meningkatkan pengembangan bisnis. - Membangun hubungan dengan konsumen
Platform digital menyajikan berbagai fitur yang memungkinkan adanya interaksi antara pelaku UMKM dan konsumen. Melalui interaksi ini, pengusaha dapat mengetahui kritik maupun saran mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini dapat membuat kinerja lebih baik serta meningkatkan kualitas dari suatu produk. - Dapat menonjolkan keunikan
Dengan pemanfaatan digital branding, pelaku UMKM bisa menonjolkan brand yang dimiliki. Keunikan tersebut bisa menjadi keunggulan dibanding brand lain dengan produk yang sama baik dari segi harga, kemudahan dalam pemakaian, atau rasa yang otentik. Hal ini menarik minat konsumen untuk memilih brand Anda karena keunikan yang dimiliki dari pemberlakuan digital branding. - Bisnis lebih berkembang
Dengan meningkatnya angka penjualan karena digital branding maka bisnis akan ikut mengalami pengembangan. Yang tadinya hanya memiliki beberapa karyawan bisa bertambah menjadi puluhan karena permintaan yang meningkat. Selain itu pekerjaan yang dikerjakan tidak terbatas hanya dalam penjualan tapi juga bisa dari pengiriman, admin. Salah satu cara mengembangkan bisnis lebih baik adalah dengan RocketMall yang menjadi solusi terpercaya membangun E-Commerce untuk bisnis online yang mengedepankan sistem Software as a Service (SaaS).
Itulah pentingnya digital branding terutama bagi pelaku UMKM. Teknologi tidak hanya menjadi sesuatu yang dimanfaatkan pada bidang tertentu tapi juga bisa menjadi batu loncatan bagi pengusaha untuk pengembangan bisnisnya. Jadi, apa masih ada keraguan mengenai digital branding dan manfaatnya dalam usaha Anda?