Tingkatkan E-commerce Customer Experience dengan Cara Ini
E-commerce Update
Persaingan bisnis yang ketat membuat pengusaha melakukan banyak cara untuk menjangkau target audience. Salah satunya dengan meningkatkan pengalaman belanja konsumen (customer experience).
Customer experience dapat menjadi sarana untuk membentuk hubungan baik dengan konsumen. Apabila konsumen memiliki pengalaman belanja yang baik, konsumen akan merasa puas dan memiliki kemungkinan untuk kembali berbelanja. Oleh sebab itu, meningkatkan pengalaman belanja di e-commerce Anda menjadi aspek penting untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan memberikan pengalaman belanja yang berbeda daripada e-commerce lainnya.
Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan website e-commerce builder RocketMall yang dikembangkan oleh PT. Suitmedia Kreasi Indonesia. Mengedepankan system software as a service (SaaS), RocketMall dapat membantu bisnis e-commerce Anda untuk bertransformasi secara digital. Dengan berbagai produk unggulannya seperti OMS yang akan memfasilitasi bisnis dengan order management system, WMS sebagai solusi inventaris serta penyimpanan, O2O yang membantu operasional toko baik online maupun offline, dan loyalty program untuk menjaga kesetiaan konsumen, RocketMall dapat menjadi mitra marketplace builder terpercaya Anda.
Selain itu, meningkatkan pengalaman belanja juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau brand tersebut. Oleh karenanya, akan dibahas bagaimana cara meningkatkan pengalaman belanja konsumen yang tentunya diperlukan untuk bisnis e-commerce Anda. Simak informasi lengkapnya berikut ini.
1. Memberikan kepuasan pada konsumen
Kepuasan belanja konsumen menjadi faktor penting agar kembali berbelanja. Sehingga untuk mempertahankan konsumen tersebut, Anda dapat memberikan penawaran menarik. Mulai dari poin yang dapat ditukarkan hadiah berupa merchandise atau penawaran diskon khusus. Penawaran ini dapat Anda sebarkan melalui email disertai dengan ungkapan terimakasih yang indah.
2. Kejutan untuk konsumen
Konsumen menyukai kejutan terutama dengan penawaran khusus. Ketika pengalaman belanja konsumen sedang berlangsung, Anda dapat menyisipkan kejutan berupa penawaran khusus untuk konsumen. Dengan begitu, konsumen memiliki kemungkinan tinggi untuk memutuskan membeli produk tersebut.
3. Membangun komunitas
Membentuk komunitas dapat membantu untuk menyebarkan citra baik terhadap produk atau brand. Komunitas ini biasanya terdiri dari orang-orang yang sangat loyal terhadap produk atau brand Anda. Mereka akan mempromosikan produk dan brand Anda secara spontan dengan review dan peringkat di berbagai platform. Sehingga dengan adanya komunitas, konsumen akan sangat terbantu untuk memilih produk dalam perjalanan belanja mereka.
4. Gunakan content marketing
Content marketing dapat menjadi sarana untuk lebih dekat dengan konsumen Anda. Melalui content marketing, Anda dapat berbagi tips, informasi terbaru, video, grafis yang berkaitan dengan produk. Dengan begitu, konsumen akan lebih mengenal produk dan brand Anda. Sehingga konsumen tidak akan ragu untuk memilih produk Anda dalam perjalanan pembelian mereka.
5. Aktifkan media sosial
Media sosial dapat menjadi media untuk menyebarkan informasi tentang produk dan brand. Anda dapat menyuarakan keunikan brand melalui media sosial. Tidak hanya itu, media sosial juga dapat digunakan untuk berhubungan dengan konsumen. Saling berinteraksi dengan konsumen dapat memberikan citra positif untuk brand. Campaign yang Anda lakukan juga dapat dimulai melalui media sosial. Kecepatan penyebaran informasi di media sosial akan sangat membantu campaign Anda.
Itulah cara-cara untuk meningkatkan customer experience yang bisa diterapkan untuk bisnis e-commerce Anda. Selain menjalin kedekatan dengan konsumen, Anda juga perlu menyusun strategi kampanye yang menarik agar menonjol dari kompetitor lainnya.