Apa Itu Brand Dilution? Berikut Cara Menghindarinya
Business insight
Di tengah persaingan bisnis ecommerce Indonesia yang ketat, pengusaha terus memikirkan cara untuk mendapatkan konsumen baik itu dengan inovasi produk maupun pengembangan di ranah lainnya. Ini merupakan hal baik bagi keberlangsungan usaha, namun apabila pelaksanaannya kurang baik maka akan menyebabkan brand dilution. Apa Anda merasa familiar dengan istilah ini? Apa itu brand dilution? Simak informasinya.
Brand dilution sendiri adalah suatu keadaan dimana sebuah brand mengalami kemunduran karena usaha perluasan atau pengembangan yang berlebihan dan cenderung tidak wajar. Hal ini kerap terjadi ketika pengusaha menggunakan brand sebagai andalan secara berlebihan sehingga berpengaruh terhadap citra dari brand itu sendiri. Keadaan ini menyebabkan minat konsumen menurun karena nilai yang telah melenceng jauh dari konsep yang seharusnya. Situasi seperti ini menjadi hal yang harus dihindari oleh pengusaha. Bagaimana cara menghindarinya?
- Kembali pada tujuan utama brand
Tiap produk yang ditawarkan pasti memiliki ciri khas sehingga konsumen merasa nyaman dan setia pada brand tersebut. Kembali lagi kepada value dari brand tersebut, konsumen bisa melihat perbedaan brand kamu dengan yang lainnya. Maka dari itu pengembangan produk perlu diperhatikan agar dalam prosesnya tidak melenceng jauh dari visi dan misi brand yang telah ditetapkan sedari awal. - Mengutamakan konsistensi produk
Ketika brand kamu fokus pada produk kuliner, fokuslah pada kuliner. Lebih baik hindari membuat produk lain yang tidak ada korelasinya dengan kuliner. Hal ini membuat konsumen tidak bingung dan beralih dari brand kamu karena konsistensi yang kamu berikan. Apabila ingin menciptakan produk lain sebaiknya buat brand baru dengan fokus lain. - Tawarkan produk baru dengan perlahan
Meskipun persaingan dagang semakin pesat, sebaiknya jangan buru-buru memasarkan produk baru. Hal ini dikarenakan konsumen butuh waktu untuk mengerti dan memahami produk baru tersebut. Dalam mengembangkan brand melalui produk baru, hal ini perlu diperhatikan agar pengusaha tidak mengalami brand dilution. Penawaran produk dapat melalui berbagai website toko online dan marketplace website. Penawaran produk baru dapat dilakukan perlahan tanpa melenceng dari nilai brand. - Fokus pada kualitas bukan kuantitas
Tidak perlu berlebihan dalam membuat berbagai macam produk yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan target pasar. Dengan mengembangkan kualitas dari suatu produk, konsumen bisa yakin akan konsistensi sebuah brand dan bisa menumbuhkan loyalitas.
Setelah terhindar dari brand dilution, Anda dapat fokus mengembangkan brand salah satunya melalui RocketMall, solusi membangun e-commerce bagi bisnis online. Dengan sistem Software as a Service (SaaS), RocketMall siap menjadi mitra marketplace bisnis Anda yang tepercaya melalui bermacam produk unggulannya. Dengan adanya RocketMall, PT. Suitmedia Kreasi Indonesia berharap terjadinya transformasi digital brand dengan pengembangan produk serta komunikasi kreatif.
Itu tadi informasi mengenai brand dilution dan cara menghindarinya. Jika tidak diperhatikan, brand dilution bisa menyebabkan kemerosotan bagi pengusaha. Pastikan citra dari brand yang Anda bangun tetap memiliki ciri khas dan tidak berubah-ubah. Pengembangan tentu saja dibutuhkan, namun alangkah lebih baik tetap melekat pada dasar brand yang Anda buat. Selamat mencoba!