5 Ide Campaign E-commerce yang Cocok untuk Musim Liburan
E-commerce Update
Kampanye memiliki peran penting saat musim liburan. Akibat banyak konsumen yang berbelanja saat musim liburan, persaingan antar bisnis menjadi ketat. Mereka bersaing dengan melakukan berbagai kampanye untuk dapat menumbuhkan kepercayaan target audience. Oleh karenanya, pengusaha perlu mempersiapkan strategi kampanye yang tepat agar mampu menarik perhatian konsumen.
Berikut ini merupakan rekomendasi ide kampanye saat musim liburan yang bisa diterapkan untuk bisnis e-commerce Anda.
1. Reward konsumen dan promo awal
Konsumen akan senang apabila mereka diperlakukan secara spesial dan menjadi prioritas. Hal Ini dapat ditunjukkan dengan memberikan penghargaan kepada konsumen karena telah berbelanja di toko Anda. Reward dan promo ini dapat disampaikan melalui beberapa strategi kampanye. Mulai dari kampanye email, dengan mengirimkan pesan tentang diskon khusus untuk mereka yang telah berbelanja di toko Anda.
Kemudian berikan juga promo khusus untuk konsumen yang turut memberikan review terbaik mereka pada media sosial. Anda juga dapat membagikan kembali review konsumen tersebut pada media sosial bisnis Anda.
2. Bundling package untuk musim liburan
Dengan diskon dan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan, bundling package dapat menjadi pilihan lain bagi konsumen untuk berbelanja secara efisien. Anda dapat menginformasikan kepada konsumen bahwa paket berisi produk terbaik dengan penawaran harga terbaik pula.
Kemudian berikan nama pada bundling package yang dibuat untuk lebih menarik perhatian konsumen. Terakhir, promosikan bundling package pada website atau media sosial bisnis Anda. Dengan begitu, informasi tentang penawaran bundling package dari toko Anda akan menjangkau lebih banyak konsumen.
3. Kampanye post holiday
Pada musim liburan, konsumen meluangkan waktu mereka untuk menikmati waktu liburan dengan melakukan berbagai hal. Oleh sebab itu, banyak dari konsumen yang justru tidak sempat untuk melakukan belanja atau tertingal penawaran menarik di musim liburan.
Mengantisipasi hal ini, Anda dapat melakukan strategi kampanye post holiday. Kampanye ini dapat dilakukan dengan memperpanjang penawaran yang diadakan selama musim liburan. Anda juga dapat melakukan panggilan terakhir untuk mengingatkan kembali penawaran yang diberikan melalui email maupun media sosial.
4. Kolaborasi dengan Influencer
Influencer dapat menjadi bantuan untuk mempromosikan produk Anda terutama selama musim liburan. Tidak hanya itu, kepercayaan orang terhadap produk akan meningkat sesuai dengan kepercayaan mereka terhadap influencer yang diikuti.
Mereka akan memiliki perhatian lebih terhadap produk yang dipakai oleh influencer dan tertarik untuk membelinya. Terlebih ketika influencer mempromosikan produk Anda disertai dengan diskon khusus, konsumen akan lebih tertarik untuk segera membelinya.
5. Promo menarik di setiap jam
Strategi kampanye ini dirancang agar konsumen dapat kembali berbelanja di toko Anda. Tentukan produk yang akan dipromosikan, termasuk juga dengan pilihan diskon, waktu, maupun dimana Anda akan mempromosikannya.
Adanya berbagai penawaran menarik di setiap jamnya, banyak kemungkinan konsumen akan tertarik untuk kembali berbelanja. Selain menarik perhatian konsumen untuk kembali berbelanja, strategi ini akan membuat produk-produk Anda yang lain mendapat lebih banyak perhatian.
Nah, itu dia rekomendasi campaign untuk e-commerce saat musim liburan. Selain menyiapkan strategi kampanye, Anda dapat menggunakan website e-commerce builder RocketMall untuk membantu bisnis online. Dikembangkan oleh PT. Suitmedia Kreasi Indonesia, RocketMall mengedepankan system software as a service (SaaS) yang dapat menjadi mitra marketplace builder terpercaya Anda.