Ikuti Strategi Campaign Ramadan Berikut untuk Bisnis Online Anda!
E-commerce Update
Ramadan menjadi bulan yang memberikan peluang bisnis bagi para pengusaha. Tak heran apabila kebanyakan brand juga ikut melakukan kampanye (campaign) untuk mempengaruhi target audience melakukan sesuatu sesuai keinginan brand. Baik menyebarkan konten positif di media sosial, berpartisipasi dalam acara amal, hingga membeli suatu produk.
Kampanye yang disajikan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satunya dengan media sosial. Dikarenakan tidak sedikit brand yang juga melakukan kampanye, maka Anda harus mampu membuat kampanye yang menarik bagi target audience yang dituju. Oleh karenanya, diperlukan strategi kampanye yang tepat agar kampanye yang dilakukan berhasil.
Berikut merupakan tips strategi kampanye ketika Ramadan yang bisa dicoba untuk bisnis online Anda.
1. Manfaatkan situasi Ramadan
Tips awal yang dapat Anda terapkan adalah membuat konten yang memanfaatkan situasi atau momen Ramadan. Sebab pada dasarnya konsumen sedang berfokus pada kegiatan dan situasi Ramadan.
Kampanye dapat mengangkat tema ibadah, kebersamaan, maupun berbagi yang identik dengan Ramadan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan simbol-simbol penting yang biasa digunakan ketika Ramadan. Seperti bulan sabit, lentera, dan kubah masjid. Simbol ini akan lebih menarik dan membantu konsumen memahami materi konten.
2. Penggunaan keyword jadi aspek penting
Keyword menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan ketika membuat konten untuk kampanye. Penggunaan keyword ini harus disesuaikan dengan kebutuhan target audience. Sebab, target audience akan melakukan pencarian pada search engine sesuai dengan kebutuhan pada bulan Ramadan. Keyword yang digunakan harus sesuai agar mampu menunjukkan kelebihan suatu produk atau brand.
3. Konten visual lebih digemari
Konten visual pada dasarnya lebih digemari oleh konsumen. Hal ini karena mereka lebih banyak memiliki waktu bersantai ketika bulan Ramadan. Kebanyakan dari mereka senang membuka media sosial. Oleh karena itu, ketika melakukan kampanye sebaiknya memperbanyak konten visual seperti foto maupun video agar menarik perhatian konsumen.
4. Buat konten yang mobile-friendly
Salah satu kebiasaan konsumen di era canggihnya teknologi adalah membuka media sosial dan berbelanja secara online melalui smartphone. Konten kampanye yang dibuat harus disesuaikan dengan kebiasaan konsumen agar lebih relevan. Maka dari itu, konten yang dibuat lebih baik bersifat mobile-friendly.
5. Atur jadwal publikasi konten
Pada dasarnya, bulan Ramadan membuat konsumen memiliki kebiasaan baru. Sehingga kegiatan seperti waktu bekerja, ibadah, makan, hingga mengkonsumsi konten tidak sama dengan hari-hari sebelum Ramadan. Oleh karenanya agar konten kampanye mampu menarik perhatian konsumen, tentukan waktu yang tepat untuk publikasi konten. Sesuaikan dengan waktu konsumen ketika mengkonsumsi konten pada bulan Ramadan.
Nah, semua tips ini dapat diterapkan untuk kampanye bisnis online Anda terutama dalam momen Ramadan. Tips ini juga dapat didukung dengan website e-commerce builder RocketMall oleh PT. Suitmedia Kreasi Indonesia yang merupakan full-service digital agency Indonesia dalam membantu brand bertransformasi secara digital. Dengan sistem software as a service (SaaS), RocketMall dapat membantu mengembangkan bisnis online Anda melalui berbagai macam produk unggulan.